Golang – Map

Map digunakan untuk menyimpan data dengan model key value. Key dapat berupa type data apa saja dan begitu juga value nya. Dan berikut contoh penggunaannya :

Pada kode di atas, key nya bertipe data string dan value nya bertipe integer. Contoh diatas sudah lengkap dengan bagaimana kita mengakses, menambah dan mengedit sebuah value pada map.

Map perlu diinisialisasi sebelum digunakan, karena apabila kita mengakses map yang belum diinisialisasi akan menyebabkan error panic.

Untuk menginialisasi map, kita gunakan keyword make sama seperti pada slice. Setelah diinialisasi maka map sudah siap digunakan.

 


Akses elemen pada map

Untuk mengakses pada map, kita dapat memanggil index dari key sama seperti pada array.

Jika kita mengakses key yang sudah ada pada map maka map akan mengembalikan nilai dari key tersebut, namun jika key ternyata tidak terdapat didalam map maka map akan mengembalikan nilai default value dari type data tersebut (dalam contoh ini, default value dari integer yaitu 0).


Check key ada pada map

Jika sebuah map mengembalikan sebuah default value jika key tidak ada dalam map tidak sesuai yang kita inginkan, kita perlu mengecheck apakah sebuah key ada pada map atau tidak.

Pada saat kita akses element dengan m[“roni”] akan mengembalikan kita 2 value, yaitu value dari key tersebut dan sebuah boolean untuk mengetahui apakah key berada didalamnya atau tidak.


Menambah key pada map

Untuk menambah key dan value pada map perhatikan contoh berikut


Menghapus key pada map

Untuk menghapus key pada map kita gunakan keyword delete.

Golang Tutorial Index

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *