Golang – Perkenalan

Pada tutorial tentang Golang, penulis akan mengambil langsung dari dokumentasi official langsung dari Golang. Jadi akan memiliki garis besar yang sama dengan official dokumentasi, namun saya akan menambahkan beberapa tulisan saya tentang pemahaman saya tentang dokumentasi tersebut, yang mungkin dapat membantu Anda untuk dapat memahami atau malah mungkin menjadi lebih bingung. Untuk itu jika ada suatu tulisan saya yang kurang jelas, mohon untuk ditanyakan baik melalui email ataupun lewat comment pada tulisan tersebut.

OK langsung saja kali ini saya akan menjelaskan tentang perkenalan tentang Golang, baik dari bahasanya sendiri dan feeling dari penulis tentang bahasa milik Google ini.

Golang adalah bahasa pemrograman open source yang di kembangkan langsung oleh Google. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang bahasa go :

  • Merupakan bahasa pemrograman bertipe compiled, dimana untuk menjalankan hasil aplikasi kita perlu dicompile terlebih dahulu. Bahasa tipe ini memiliki kelebihan berjalan lebih cepat dibanding yang berjalan di virtual machine (Java, scala, C#) ataupun interpreter (Python, PHP, Ruby). Dan 1 hal yang manarik lagi dari sini adalah secara default program yang ditulis dengan go lang merupakan static linking, yaitu hanya menghasilkan 1 file executable.
  • Static type. Static type artinya kita perlu menentukan tipe data dari sebuah variable, jadi beberapa error sudah dapat dideteksi pada saat compile. Untuk contoh dynamic type adalah PHP, dimana variable tidak ditentukan jenis type datanya bahkan dapat berubah seiring berjalannya program. Walaupun golang adalah static type, tapi dari sisi bahasanya sendiri nanti kita akan mendapatkan rasa seperti dynamic type.
  • Garbage Collector. Jika Anda adalah programmer C ataupun C++, maka di Go Anda tidak perlu repot2 lagi untuk merelease memory secara manual. Namun bagi programmer selain C/C++, garbage collector sudah merupakan hal yang biasa.
  • Concurrent. Adalah pemrograman menggunakan thread, atau memproses sesuatu oleh banyak pekerja untuk bahasa lebih mudahnya. Dibahasa C/C++, thread sangatlah susah untuk dipelajari dan diterapkan dengan baik, namun Go concurrent sangat mudah di pelajari dan di terapkan secara langsung. Kenapa concurrent penting? Karena sekarang banyak 1 komputer yang memiliki banyak core, dimana tiap core dapat menjalankan thread dari program kita secara maksimal. Dan program kita akan berjalan dengan efisien jika kita dapat memanfaatkan semua core yang ada dalam komputer tersebut.

Saat pertama kali belajar Go dan saya merasa bahwa bahasa ini sangat simple sekali, berbeda dengan bahasa Java dan apalagi bahasa Scala yang saya harus mempelajari banyak hal. Namun di Go ini bahasanya sangat lah simple, tidak sampai setengah hari saya sudah mempelajari basic dari bahasa ini.

Demikian perkenalannya, selanjutnya kita akan melanjutkan ke instalasi untuk kompiler dari golang pada tutorial berikutnya.

Golang Tutorial Index

2 thoughts on “Golang – Perkenalan

    1. apin Post author

      Ada banyak Rul, yang barusan aku pakai sih itu ada aplikasi google drive tapi yang jalan lewat terminal. Itu code nya ditulis pakai go lang. Dan masih banyak contoh2 yang lain dan dipakai internal google juga.
      Paling enak sih dipakai untuk backend untuk pemrograman bahasa ini.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *