Belanja di banggood.com

Beberapa pekan lalu, saya berbelanja di salah satu market place dari China yaitu banggood.com. Ketika itu saya membeli eGPU atau alat yang dipakai untuk menambahkan external VGA ke laptop. Dan berikut adalah barang yang saya beli silakan check EXP GDC.

banggood

Untuk pembelian kali ini saya menggunakan metode pembayaran PayPal karena dan saya membeli saldo paypal di kaskus. Pada saat itu rate di bank berkisar di 13.300 namun di kaskus bisa dapet rate 13.100, lumayan bisa lebih murah 200 perak. Harga barang pada saat itu adalah $51.99. Dan saya menggunakan free shipping karena untuk shipping yang lain terlampau mahal yaitu ada $12 untuk 7 – 15 hari kerja dan $16.9 untuk yang 5 – 8 hari kerja. Dan untuk yang free shipping itu adalah 7-25 hari kerja.

Ok disini perlu saya jelaskan juga bahwa jika membeli barang dari luar (import) dan harga barang lebih besar atau sama dengan $50 maka akan dikenakan biaya pajak dan bea masuk. Untuk perhitungan pajak silakan check sendiri di pajak dan cukai. Dan harga barang yang saya beli ternyata lebih dari $50, tapi pada saat barang sampai saya tidak kena pajak sama sekali hanya dikenakan biaya tidak diketahui sebesar Rp.3500,- kepada pak pos yang datang ke rumah. Lalu bagaimana bisa barang tidak bisa kena pajak? Padahal harga barang di atas $50. Yaitu dengan cara kong kalikong dengan seller (sesuai dengan anjuran dari teman). Pada saat pembelian kali ini saya memberikan catatan pada seller yaitu meminta ke pada seller untuk menaruh harga pada box sebesar $45. Dan tidak disangka cara tersebut berjalan dengan baik. Namun jika barang Anda terlalu mahal jangan sekali-kali menggunakan cara ini, karena jika barang hilang / rusak, pihak ems hanya mengganti yang sesuai dengan harga tertera.

Saya melakukan pembelian barang yaitu pada tanggal 2 Mei 2016. Dan barang sampai di rumah saya (Jogja) yaitu pada tanggal 27 Mei 2016. Jika dihitung maka terdapat 19 hari kerja sejak barang saya beli. Dan berikut adalah gambar tracking dari ems pos.

Ems

Kenapa sih susah2 beli dari China, emang di Indonesia gak ada yang jualan? Ya di Tokopedia juga ada sebenernya namun mereka mematok harga yang lebih mahal dari barang aslinya, ada yang jual di harga 900rb dan bahkan ada yang jual di harga 1.2juta. Jika dibandingkan dengan yang saya beli kemarin yaitu $51.99 x 13.100 = Rp. 681.069,-. Lumayan beda 200rb bisa dipakai untuk beli PSU untuk eGPU nanti.

Dan berikut ketika barang sudah saya terima :

IMG-20160530-WA0001

IMG-20160530-WA0000

IMG-20160530-WA0003

62 thoughts on “Belanja di banggood.com

    1. apin Post author

      Cari aja gan di kaskus banyak yang jualan kok. Atau bisa langsung pakai jasa kaskus juga ada untuk pembelian di banggood.

      Reply
  1. indra

    Mau tanya, Pajak yg dikenakan apakah dinilai dari harga per satu buah barang atau harga keseluruhan barang ya ? “Jika nilai barang yg saya beli harga per unit tidak sampai $50 dan saya membeli 3 unit, apakah akan terkena pajak ?

    Reply
    1. apin Post author

      Setahu saya keseluruhan dalam 1 paket pak. Tapi saya kurang tahu detailnya, soalnya belum pernah beli yang seperti ini. Untuk lebih jelas silakan langsung tanya ke pajak dan bea cukai saja pak.

      Reply
    1. apin Post author

      Kalau mau kartu debit bisa menggunakan jasa di kaskus saja kang usan. nanti di uangnya di transfer ke lapak di kaskus, nanti yang beliin ke banggood nya ya orang kaskus tersebut.

      Reply
  2. Yudi arta

    Saya belanja cuma 12$ pengiriman pakek free shipping, ya kira” total 29hari baru sampai, pas sampai di minta ongkos kirim 40k sama kurirnya kan anehh ya, udh jelas jelas free shipping

    Reply
    1. apin Post author

      Emang seperti itu gan, ada biaya bungkus ulang dari POS Indonesia. Padahal yang buka mereka tapi kita yang disuruh bayar.

      Reply
  3. Andhy

    Gan kalo mau melakukan pembayaran via paypal ada billing addrees nya tuh,itu mksud nya gimana ya?masa barang baru sampe lngsung ditagih?

    Reply
    1. apin Post author

      Kalau ada NPWP pajaknya 30% kalau tanpa NPWP maka 40%. Jadi kalau 500$ nanti pajaknya ya 150$ – 200$

      Reply
    1. apin Post author

      Kalau ini saya kurang paham gan. Mungkin bisa menggunakan jasa pembayaran di kaskus aja kalau ternyata tidak bisa.

      Reply
    2. TokoAndalan

      Untuk Verifikasi Paypal bisa kok dengan menggunakan bank permata gan. Pengalaman saya buat bayar2 beli tool dan belanja diluar serta bayar addwors dan fb ads lancar menggunakan verifikasi bank permata. Rekomendasi dari teman2 imer dulu. 🙂

      Reply
      1. apin Post author

        Wah saya kurang paham gan untuk bank permata. Tapi di kaskus ada kok gan jasa untuk verifikasi paypal

        Reply
  4. santo

    Saya beli barang 130$ di banggood,belum sampai. Numpang tanya.bagaimana kita tau barang kita ditahan buat bayar pajaknya?apakah kita dihubungi oleh bea dan cukai nya?

    Reply
    1. apin Post author

      No resi di check aja gan, apakah sudah sampai indo apa belum barangnya. Untuk pajaknya nanti akan dihubungi sama pihak pos. 2 bulan lalu sih pajaknya saya kena 30%, kalau enggak pakai NPWP kenanya 40% dari total harga barang + ongkirnya.

      Reply
  5. Mede mede

    Mau tanya gan sebagai yg sudab pengalaman belanja di banggod, hari ini saya belanja part drone dgn air parcel register atau free shipping kok ga ada no resinya? Cara track nya gmn donk

    Reply
    1. apin Post author

      Sepertinya memang sekarang yang ongkir paling murah (10rban) enggak ada no resi gan. Ya ditunggu saja sampai barang sampai. Yang penting selama barang belum sampai jangan sampai confirm dibanggoodnya gan.

      Reply
    1. apin Post author

      Ngapain pakai jastip gan? Kalau masalah pembayaran pakai kartu kredit bisa pakai Jenius, bikin rekening Jenius aja, kartu debetnya bisa dipakai untuk beli online layaknya kartu kredit visa.

      Reply
  6. Sanosuke Ichizen

    Kode pos nya bisa di detect sama pengiriman banggood gan?
    Soal nya baru2 ini beli, katanya kode pos nya salah. Jasa pengiriman nya g bisa detek kode pos indonesia. Waktu ku cek emang sama dg kode pos negara lain. Walhasil di cancel deh

    Reply
  7. Eka

    Bang klo barang sidah sampe apakah kita harus melalukan konfoasi ? Sedangkan di notif nya tidak ada keterangan konfirmasi barang klo sudah sampai

    Reply
  8. hendra

    bang tanya, ini saya order dr banggood kena $120. itu kena tax ya. brp bnyk bang? terus cara bayar nya bagaimana?
    saya ga cantumin nomor hp, karena baru pertama kali order. terus taunya datang bagaimana? sdh 1bln an blm sampai2 sih

    Reply
    1. apin Post author

      Kalau punya NPWP kena 30% kalau tanpa NPWP 40% dan total harga + ongkir. Nanti akan dihubungi sama pos untuk ambil barang di pos.
      no pengiriman bisa di track juga kok

      Reply
  9. mrh

    min tanya, no tracking nya dari olsop banggood di cek di https://global.cainiao.com delivered success, kemudian ketika di indonesia no trace yang sama digunakan unutk cek http://ems.posindonesia.co.id not valid, pertanyaan saya apakah trace yang pertama hanya di peruntukan untuk pengiriman dari cina ke indonesia saja?? kemudian untuk trace number yang di indonesia apakah ada no tersendiri atau bagaimana?

    Reply
  10. denian

    bang mau nanya gmn dong klu sdh trlnjur tekan *konfirmasi pengirimannya..pdhl brgnya blm diterima tp sttus nya *dikirim aku cek di china post sm pos indonesia pke no track nya sttusnya no valid..hmm 🙁

    Reply
  11. Dika

    bang mau nanya ni. Saya mau belanja rencana nya. Tapi saya takut gak dikirim kemari. Uang bisa kembali kan seperti shopee? Dan saya pesan 3 item dalam 1 toko. Nah saya pasang asuransi. Nah itu pajak udah gk kenak lagi kan ? Saya takut di tahan cukai harus byr lagi. Saya belanja total 3.500.000jt.

    Reply
    1. apin Post author

      maksimal belanja $50 kalau mau free pajak, kalau 3,5jt pasti kena pajak
      itu nanti pajaknya sekitar 30% tapi kalau gak ada NPWP kena 40% pajaknya.
      jadi nanti bakalan dapat surat dari POS tingkat kabupaten yang isinya disuruh bayar bea cukai, nanti tinggal dateng ke POS tsb bayar dan bawa pulang barangnya.

      Reply
  12. Rendy

    Bang Apin, mohon pencerahannya.. Jikalau transfer pembayaran di banggood ternyata salah ketik nominal dan sudah terlanjur di enter bagaimana solusinya?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *