Firebase backend dari Google update besar-besaran

Mungkin saya agak telat untuk menulis berita ini, namun sepertinya berita ini juga belum diketahui oleh banyak pihak. Tepatnya pada tanggal 18 Mei 2016 kemarin ada announce dari James Tamplin (Product Manager Firebase) menulis di firebase blog bahwasanya Firebase telah mendapat update besar dari Google (blog). Dan sepertinya Google tidak main-main ketika membeli Firebase ini.

Sebelum lebih jauh mengenai feature apa saja yang baru di Firebase, mungkin beberapa dari pembaca belum mengetahui apa sih itu Firebase? Firebase adalah layanan realtime backend NoSQL (you named it) yang dapat kita gunakan untuk membangun aplikasi tanpa perlu memikirkan infrastruktur server, bagaimana koneksi ke database, dll. Jadi secara singkat, kita sudah tidak memerlukan lagi yang namanya backend programmer, karena Firebase telah menyediakan untuk kita beserta library yang tersedia untuk platform Android, IOS, Javascript, dan REST.

Jika sebelumnya feature dari Firebase adalah realtime database dan sekarang Firebase memilki segudang feature yang benar-benar memanjakan para developer front end. Dan berikut adalah feature-feature utama baru dari firebase :

  1. Realtime Database
    Feature ini bukan hal baru karena sudah ada pada firebase sebelumnya. Inti dari feature ini adalah kita dapat menyimpan database secara realtime dalam bentuk document json format layaknya MongoDB. Untuk yang versi free 1 GB space untuk menyimpan database. Lumayan gede juga untuk menyimpan database. Namun hanya diperbolehkan 100 user terkoneksi secara bersamaan.
    Link realtime database
  2. Authentication
    Sama seperti realtime database, feature ini sudah ada pada versi sebelumnya. Fetaure ini dapat menghandle authentication dengan model user password, facebook, google+, twitter, github secara otomatis. Kita sudah tidak susah- susah lagi menghandle user. Untuk authentication sepertinya tidak dijelaskan batasan berapa banyak user yang diperbolehkan. Namun lebih ke berapa banyak user yang dapat terkoneksi secara bersamaan ke Firebase.
    Link Authentication
  3. Cloud Messaging
    Ini merupakan feature baru dimana kita dapat dengan mudah untuk mengirim pesan ke user. Mirip dengan Google Cloud Messagging dimana kita dapat melakukan push notification ke aplikasi Android, namun yang ini sedikit lebih powerful karena Firebase Cloud Messaging berjalan disemua platform yang didukung oleh Firebase yaitu Android, IOS, dan Web. Pada FCM ini kita dapat mengirim pesan ke semua user atau ke spesifik user
    Link Cloud messaging
  4. Storage
    Ini juga merupakan feature baru dimana kita dapat menyimpan data binary ke server (images, audio, video, dll). Untuk yang versi gratis kita akan mendapatkan space sebesar 5GB.
    Link Storage
  5. Hosting
    Mirip seperti wordpress, kita dapat menghosting aplikasi javascript kita ke firebaseapp.com secara gratis.
    Link Hosting
  6. Remote Config
    Merupakan feature baru yang dapat mengubah behaviour dari aplikasi kita lewat firebase server. Jadi kita tidak perlu mengupdate aplikasi kita kalau kita sudah menyiapkan remote config ini dari awal. Untuk remote config ini hanya mendukung Android dan IOS saja.
    Link Remote Config
  7. Test Lab
    Feature ini hanya berjalan untuk Android, dimana kita dapat langsung mengetest aplikasi Android kita ke banyak Android device. Firebase memilki robot yang akan mengeklik button-button yang ada pada aplikasi kita atau kita juga dapat memilik tombol mana yang perlu di tekan dan field mana yang perlu diisi secara manual. Hasilnya adalah sebuah report berupa screen shot dan crash (jika ada). Namun sayang feature ini hanya untuk yang berbayar.
    Link Test Lab
  8. Crash Reporting
    Dengan fearute ini kita dapat me log hampir semua crash yang terjadi di client kita, tinggal kita saja menaruh log crash pada aplikasi kita dan nanti log tersebut akan di kirim ke console firebase kita.
    Link Crash repoting

Selain feature utama diatas ada beberapa feature tambahan yang sangat berguna yaitu :

  1. Analitics
  2. Notifications
  3. App Indexing
  4. Dynamic Links
  5. Invites
  6. Adwords

Untuk lebih jelasnya silakan langsung check ke Firebase Google

Backend sudah ada, tinggal kemauan kita aja sekarang apakah kita akan membuat aplikasi atau tidak. Semoga dengan adanya Firebase ini akan mendorong banyak programmer untuk segera menulis aplikasi-aplikasi mereka yang telah mereka pikirkan jauh hari.

2 thoughts on “Firebase backend dari Google update besar-besaran

    1. apin Post author

      Wah, kalau tutorial lengkap saya tidak punya. Biasanya sih saya cuma baca documentasi dari firebasenya. Emang tertarik yang mana Ron? Android apa Web?

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *