Force load javascript pada browser

Pada saat itu saya sedang mengerjakan sebuah aplikasi web base yang menggunakan java script. Dimana saya telah membetulkan sebuah bug pada javascript tersebut. Namun bingungpun melanda yaitu ketika setalah saya coding pada script tersebut dan saya coba refresh pada browser dan ternyata seperti codingnya saya tidak berjalan. Dan akhirnya usut punya usut ternyata si browsernya lah biang keladinya. Si browser melakukan caching pada file js saya.

Beberapa kali googling akhirnya ada beberapa cara untuk mengatasinya, dan saya bagi menjadi 2 macam yaitu untuk development dan production.


Development pase

Pada development ini kita cukup untuk konfigurasi pada browser kita agar tidak mengcache apapun pada browser. Pada kali ini saya menggunakan Firefox. Untuk mengaktifkan feature ini pada Firefox yaitu dengan membuka developer tool dengan mengklik pada : Tools – Web Developer – Toogle Tool

Lalu klik pada icon gear pada kanan atas pada toolbox tersebut :

devtool1

Lalu scroll ke bawah dan centang pada pilihan : “Disable Cache (when toolbox is open)”

devtool2

Dan dengan demikian jika kita membuka toolbox maka semua content pada web akan di reload ulang tanpa ada caching.


Production pase

Setalah berhasil dengan cara development diatas kemudian saya berfikir sepertinya enggak mungkin nanti user harus disuruh untuk mensetting toolbox seperti itu, pasti itu akan sangat ribet untuk user. Dan sayapun mencari-cari lagi dan akhirnya ketemu 1 cara yaitu dengan memberikan versi pada javascript kita.

Jadi yang sebelumnya kode java script saya pada header adalah sebagai berikut :

Dimana pada code diatas tidak terdapat versi yang akan membuat web browser beranggapan bahwa tidak ada perubahan pada file tersebut yang menyebabkan browser akan menggunakan file dari cache. Lalu untuk memberikan versi pada file tersebut cukup mengganti code diatas dengan berikut :

Dan setiap file js itu diedit maka versi harus dinaikkan agar browser menganggap kalau file js tersebut tidak sama dengan file js yang di cache pada browser dia. Dan selain untuk file js, teknik ini dapat digunakan untuk image, font, css dll. Selain dengan cara diatas yaitu dengan menambahkan ?v=, kita dapat langsung menuliskan angka dibelakang tanda tanya seperti berikut :

Demikian semoga ilmu sedikit ini dapat membantu Anda

One thought on “Force load javascript pada browser

  1. pakar seo

    My brother recommended I might like this website.
    He was totally right. This post actually made my day.
    You cann’t imagine just how much time I had spent for this information! Thanks!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *