Javascript html ke pdf dan direct print

Setelah menelusuri banyak library yang dapat mengkonvert dari html ke pdf dengan javascript dan belum menemukan library yang sangat memuaskan hati karena hasil dari convert PDF tidak sesuai dengan keinginan. Dan akhirnya saya menulis library sendiri dan saya kasih nama Pulas. Pulas bukan berarti tidur, tapi pulas adalah mewarnai. Pulas adalah bahasa jawa dan mungkin hanya orang tertentu yang mengerti bahasa ini.

Arsitektur Pulas

Pulas terdiri dari 1 aplikasi desktop yang saya tulis dengan library Qt dan 1 library javascript. Dimana aplikasi desktop inilah yang bertanggung jawab untuk berkomunikasi secara langsung ke printer. Aplikasi desktop ini menjalan web socket server dimana library javascript itu nanti akan berkomunikasi. Komunikasi semua dilakukan dengan data format JSON untuk memudahkan dalam parsing.

Dalam mengkonvert dari html ke pdf atau printer, aplikasi desktop menggunakan Webview. Sehingga Pulas dapat benar-benar mempresentasikan setiap kode html, css, dan javascript ke pdf atau printer.

Keunggulan

  • Konvert semua html / html5 full dengan cssnya, bahkan canvas html5 ke pdf
  • Print langsung dari javascript tanpa harus membuka printer dialog.
  • Setting printer langung dari javascript : kertas, margin, orientation.
  • Print raw command, ini biasanya digunakan untuk print ESC/P printer dot matrix. Biasanya untuk nota, kwitansi dll.
  • Mendeteksi semua printer yang terinstall pada komputer, termasuk network printer.

Kekurangan

  • Client harus menjalankan applikasi Pulas.exe di komputernya. Namun sepertinya ini tidak masalah jika client kita adalah perusahaan, karena mungkin hanya orang tertentu saya yang menggunakan feature print dari aplikasi web tersebut.

Project

3 thoughts on “Javascript html ke pdf dan direct print

    1. apin Post author

      Iya bang, sebagai jembatannya. Udah saya sediain binarynya juga kok bang. Tinggal klik 2 kali. Dan untuk saat ini hanya mendukung Windows saja.

      Reply
  1. Pingback: Cerita dibalik shutdown Pulas | Lek Apin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *