Seberapa pentingkah lisensi di dunia IT?

Sekian lama saya bergelut dengan dunia IT dan dunia programming pada khususnya. Namun sampai saat ini saya masih saja menemui para programmer yang masih belum begitu memperhatikan tentang yang namanya lisensi. Bukan saya bermaksut untuk sok tahu tentang lisensi, namun lisensi itu adalah salah satu cara bagaimana kita menghormati hasil karya orang lain / company. Membuat suatu program itu bukan hal yang mudah, bahkan ada yang sampai lupa tidur, lupa makan, bahkan sampai lupa mencari jodoh (nah lho).

Berikut adalah beberapa kasus yang saya temui di masyarakat saat ini  adalah dengan gampangnya seorang programmer mengambil (comot sana-sini) code dari internet, tanpa mereka berfikir itu kode punya siapa dan code itu memiliki lisensi apa. Bahkan ada yang comot dari project sebelumnya, yang notabene project tersebut bukan pada perusahaan yang sama.

Pada saat saya tanyapun, mereka hanya menjawab dengan mudahnya, “ah itu enggak akan ketahuan”. Ya seperti halnya para pengguna jalan raya yang melanggar tata tertib lalu lintas ketika tidak ada polisi.

Kemungkinan besar hal ini juga dipengaruhi pada sistem pendidikan kita. Dulu waktu jaman masih kuliah beberapa teman (mungkin saya juga waktu itu) hanya menyalin program dari teman lain dan hanya mengganti nama variable dan fungsi, dan mengubah beberapa kata yang ada di program. Dan bahkan program yang disalin tersebut ternyata program milik kakak kelas terdahulu. Yang artinya sejak perkuliahanpun, kita sudah terbiasa dengan hal ini. Saya kurang tahu dengan anak kuliahan sekarang, tapi dari beberapa fresh graduate pernah bekerja dengan saya, mereka juga melakukan hal yang sama.

Lalu bagaimanakah kita bisa menangani masalah ini? Kalau menurut saya (sekali lagi menurut pendapat saya pribadi), mungkin dengan menambah mata kuliah tentang kekayaan intelektual di universitas atau bahkan sejak dini (sekelas SMA), akan menambah pamahaman tentang apa itu lisensi.  Selain itu, dengan menekankan kita untuk lebih berorientasi proses daripada hasil juga akan lebih menghargai process dimana akan lebih menghargai bagaimana sebuah program itu dibuat. Namun hal ini tetap akan balik lagi kepada kesadaran masing-masing individu itu sendiri.

Lalu balik ke pertanyaan dijudul ini. Seberapa pentingkah sebuah lisensi. Bagi saya sangat penting karena ini adalah kekayaan intelektual. Walupun sebuah program adalah free, kemungkinan besar nama dia akan tetap tercantum didalam program tersebut atau kode dalam program tersebut.  Jadi marilah kita mulai menghargai lisensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *