Minimarket POS : Sultan POS

Berlatar belakang karena seringnya mendapatkan pertanyaan dari temen “ada aplikasi POS minimarket gratis yang bagus apa ya, di internet jarang yang gratis”. Dan juga ketika saya berbalanja di toko-toko swalayan di beberapa tempat, mereka masih menggunakan sistem jadul yaitu DOS dan juga Windows XP. Rata-rata komputer yang mereka gunakan tergolong tua, mungkin itu alasan mereka menggunakan DOS dan XP.

Dari cerita diatas akhirnya sayapun terpikir untuk membuat satu software POS minimarket yang jalan di atas sistem operasi yang up to date yaitu GNU/Linux. Dan software saya buat dengan menggunakan bahasa C++ dengan framework Qt. Kenapa menggunakan C++ dan Qt adalah karena pilihan inilah yang paling tepat jika saya ingin menginginkan performa yang bagus pada hardware2 tua. Selain pada hardware tua, saya juga memiliki target untuk menjalankan software tersebut pada komputer murah yaitu Raspberry Pi.

Karena beberapa toko yang belum miliki software akan merasa keberatan jika harus membeli CPU baru (rata2 > 1,5jt) dan belum lagi berapa besar listrik yang harus dibayar untuk menghidupkan CPU tersebut seharian. Dengan Raspberry setidaknya dapat mengurangi harga CPU dan juga mengurangi tagihan listrik jika dibandingkan menggunakan CPU conventional.

Dan untuk database saya menggunakan SQLite dan MySQL, nanti pengguna dapat memilih sendiri mana yang akan digunakan. Jika untuk scala toko kecil (banyak item < 5000) maka SQLite sudah cukup. Namun jika item di atas itu, disarankan untuk menggunakan MySQL.

Software tersebut saya kasih nama Sultan POS dan dapat di lihat pada repo github di https://github.com/apinprastya/sultan. Atau bisa download binarynya disini : download

Sebagai bahan review saya mencoba menjalankan software saya ke Raspberry. Silakan check videonya disini.

Pada saat ini software masih dalam pengembangan dan sampai saat ini status dari project sudah saya bilang 90% dari target feature awal.

Untuk saat ini saya belum menyediakan versi binary yang siap pakai untuk di download karena software belum 100%. Mungkin beberapa minggu lagi akan saya rampungkan. Kedepannya saya akan menyediakan download binary untuk platform berikut :

  1. Windows 32bit. Berupa file installer.
  2. Raspberry rev 1. Berupa image OS (*.img).
  3. Raspberry rev 2. (Saat ini saya tidak punya device, mungkin nanti ada yang meminjamkan :D, jadi bisa saya buat untuk image nya).
  4. Raspberry rev 3. Sama dengan Raspberry rev 2.
  5. LiveCD linux 32 bit. Minimal software, kemungkinan hanya terinstall Sultan POS dan library pendukungnya.

Untuk yang berplatform di luar tersebut, dapat melakukan compile sendiri dari source yang bebas di download dari github.

Semoga proyek FOSS saya ini dapat bermanfaat bagi banyak orang yang membutuhkan. Kiranya ada masukan atau saran saya akan senang hati menerima. Dan kiranya ada donasi saya juga menerima dengan senang hati.

Saya juga sangat senang hati menerima jika ada yang membantu meminjamkan alat-alat yang tentunya berkaitan dengan minimarket seperti : barcode scanner, printer POS, printer Zebra, scale, device touch screen, raspberry 2, raspberry 3, beaglebone, dll untuk mengembangkan software saya lebih modern lagi.

Saya juga mengharap bantuan teman-teman untuk mengerjakan project ini, bantuan dapat sebagai programmer, tester, designer, art, documentation, tutorial, remastering linux (baik untuk raspberry atau untuk PC). Dan jika tidak dapat menjadi salah satu dari itu, membantu menyebarkan tentang software ini juga sudah sangat membantu saya. Terima kasih sebelumnya….

Mau kirim bantuan langsung saja email ke saya di apin.klas@gmail.com. Untuk tester report bug atau request feature baru bisa langsung ke github.

38 thoughts on “Minimarket POS : Sultan POS

  1. MdarulM

    Ntaps lek. Owh make C++ dan QT itu bisa jalan di spek yang kecil ya. Pilihan agar bisa dijalankan di mini PC kayak raspberry emang mantap lek. Dibandinkan dg beli CPU memang listriknya gede. Kebanyakan toko kelontong yang jadi target market sultan pos. Paling juga pakai listrik 900 VA atau 1200 VA. Nah kan sekarang juga lagi rame 900 VA subsidi listrik dicabut. Makanya mengurangi biaya tagihan listrik ini dg SULTAN POS. Sudah bisa jadi salah satu efisiensi….mantap lek?

    Wah jadi pingin main ke jogja lek

    Reply
  2. Michael ferry

    Gan kok saya mau test print tidak bisa ya ? saya coba print ke PDF dgn printer pdf juga ga bisa, saya lagi test printnya, dan tab setting untuk printer hanya ada pilihan spool printer, ga bisa diganti usb atau device.

    klo boleh minta kontaknya gan biar bisa tanya2 lg, thanks

    Reply
      1. Benjaz

        Tapi mantap gan saya baru nyoba software open source gini tapi top markotop dan untuk tambahan nya mungkin yambahan di level pelanggan mungkin yaaa untuk pembagian kelas harga pelanggan.. dan terimakasih sekarang toko klontong saya pake SULTAN POSS!!

        Reply
  3. Gibran

    saya coba instal Raspberry dari situs sultan.lekapin.com, hanya sampai di peringatan setting mesin cashier, setelah itu tidak muncul apa-apa lagi, kira-kira kesalahan dimana ya pak?

    Reply
      1. karunia

        apakah di raspberry bisa pake mysql?atau di raspberry harus instal jg mysql mohon pencerahannya. krn item barang transaksi di atas 5000

        Reply
        1. apin Post author

          Harus install mysql sendiri di raspberrynya. Tapi sebenernya kalau masih 5rban pakai sqlite juga mamput, itu pakai mysql kalau dipakai sama banyak client.

          Reply
  4. ucus

    Luar biasa, toko kecil kami pencatatannya jadi auditable. Mantap. semoga ilmu nya berkah. request feature. pembayaran pembelian bisa parsial. seperti pembayaran penjualan.

    Reply
    1. apin Post author

      terima kasih sudah menggunakan sultan pos. untuk saran akan kami pertimbangkan untuk di implementasi ketika saya sudah ada waktu kosong.

      Reply
  5. Annisa

    Mas, mau tanya donk.. kan di item itu ada barang dalam bentuk box/dus yang nge link sama barang per pcs nya. Nah kalau pelanggan beli 1 box/dus itu kok di print struknya suka keluar 2 item ya yg per pcs dan dus walaupun totalan harganya tetep 1 item.. kadang2 harus jelasin ke pelanggan dulu..

    contoh kasuh, pelanggan saya beli 1 dus mie, di struknya terltulis :

    —————————————
    Indomie Goreng Dus
    1 x 86.000 86.000
    Indomie Goreng
    40 x 86.000 86.000
    —————————————
    Total 86.000

    Nah, bisa ngga mas klo yg tertulis di struk hanya yang Indomie Goreng Dus aja?? saya cari di settingan blm ketemu..

    Btw, makasih loooh, aplikasinya membantu sekali…. sukses terusssss yaaaah…

    Reply
    1. apin Post author

      Untuk saat ini masih belum bisa, kedepannya akan saya perbaiki lagi. Terima kasih sudah pakai Sultan POS

      Reply
        1. apin Post author

          Di setting printer cari aja gan. dan jangan login pakai user sultan, bikin user baru lagi. Soalnya nama user yang melakukan transaksi juga bakalan di print di struknya.

          Reply
  6. ancha

    Halo mas.sy barusan coba instal di win7 , semua berjalan lancar..cmn pas scan barcode..data produk gak muncul..sy coba masukin data manual juga gak bisa mas…itu gmn ya solusinya??

    Reply
  7. indra

    Untuk raspberry driver printer apa harus install driver juga ya.. Mas..mohon pencerahanya..trima kasih sangat bermanfaat..

    Reply
  8. indra

    Mohon pencerahannya..kalo untuk raspberry printer drivernya gimana mas..apa harus diinstal juga atau gimana? Maaf belum begitu faham di raspberry…trima kasih

    Reply
  9. affan

    piutang pelanggan koq tidak bisa di print terima kasih sebelumnya trus print struk klo item nya link ke item lain semua itemnya di print semua, terima kasih

    Reply
  10. Surya

    Untuk banyaknya digit pada barcode bisa ditambahin gan kan banyak item barcode nya lebih dari 10 digit kebanyakan 13-15 digit

    Reply
  11. Widian

    Mas software nya koq gratis
    Yg saya tau lainnya itu bayar
    Hingga 1,5 jt atau lebih
    Aku jadi bingung untuk memakainya
    Jangan2 ditengah jalan harus ada registrasi
    Tolong penjelassannya

    Reply
    1. apin Post author

      Software saya open source jadi 100% free, source codenya juga ada kalau mau ngedit sendiri juga bisa, jadi enggak mungkin di tengah jalan ada registrasinya.

      Reply
  12. fidibsp

    abang punya IG gak?

    bang kalau database sewaktu waktu mau saya ubah dari sql lite menjadi mysql bisa gak bang?

    Reply
  13. Mohamad Nur

    Saya mau input data, tetapi ada tulisan database full. Padahal saya baru input 100 items. Bagaimana solusinya?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *